Putri Mandi, hidangan legendaris dari Tanah Banjar, Kalimantan Selatan, menyuguhkan perpaduan manis dan gurih yang membuat lidah bergoyang. Resep Putri Mandi ala Tintin Rayner, sang ahli kuliner kenamaan Indonesia, hadir dengan cita rasa yang autentik dan menggugah selera.

Artikel ini akan mengulas secara mendalam bahan-bahan segar, teknik memasak yang tepat, serta tips rahasia untuk menyajikan Putri Mandi yang sempurna.

Bahan-bahan

  • Kue Putri Mandi ini berbahan dasar tepung terigu, santan, dan gula pasir. Diperkaya juga dengan telur ayam, vanili, dan garam. Campuran tersebut diolah menjadi adonan yang kemudian dibentuk kecil-kecil dan digoreng hingga kecokelatan. Kue ini memiliki tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam, serta rasa yang manis dan gurih.

Bumbu-bumbu

Bahan kaya cita rasa yang menyatu harmonis membentuk Kue Putri Mandi yang menggugah selera. Jahe, kayu manis, dan cengkeh berpadu manis dengan kelapa parut yang gurih, menciptakan sensasi rasa yang unik dan menggiurkan.

Apakah kamu pencinta kuliner nusantara? Coba resep Kue Putri Mandi ini dan rasakan kelezatannya yang tiada tara.

Cara Membuat

Kamu tahu Kue Putri Mandi? Camilan tradisional yang manis dan lembut ini wajib kamu coba.

Pertama, siapkan adonan tepung beras, tepung tapioka, dan santan lalu masak hingga mengental. Kemudian, bentuk adonan menjadi bulatan kecil dan rebus hingga mengapung. Terakhir, siram dengan kuah gula merah yang gurih dan nikmati selagi hangat.

Kue Putri Mandi siap memanjakan lidahmu!

Tips

Untuk membuat Kue Putri Mandi lezat, berikut beberapa tips:

  • Gunakan tepung berkualitas baik, pastikan terigu halus untuk menghasilkan kue yang lembut.
  • Adonan harus diuleni hingga kalis, tidak terlalu lembek atau keras, agar tekstur kue kenyal dan tidak mudah hancur.
  • Kukus kue selama 20-25 menit atau hingga matang, jangan terlalu lama mengukus karena dapat membuat kue menjadi kering.
  • Saat mengukus, gunakan api sedang agar kue matang merata.
  • Sajikan Kue Putri Mandi趁 panas atau hangat bersama fla atau saus gula merah sebagai pelengkap.

Sebagai penutup yang sempurna, Kue Putri Mandi memanjakan lidah dengan kelezatannya yang tak tertandingi.

Manjakan diri Anda dengan teksturnya yang lembut bagai surga dan cita rasanya yang manis namun berimbang. Kue ini akan meninggalkan kenangan abadi, membuat Anda selalu ingin mencicipinya lagi.

Manfaat Putri Mandi

Kue putri mandi, kudapan tradisional khas Indonesia yang memanjakan lidah dengan manisnya legit, teksturnya yang lembut, dan aromanya yang menggoda.

Kue berbahan dasar tepung beras, gula, dan santan ini, disajikan dengan taburan kelapa parut yang gurih. Manfaat Putri Mandi tidak sebatas kelezatannya, tetapi juga kaya akan nutrisi.

Tepung beras mengandung karbohidrat kompleks yang mengenyangkan, sementara santan merupakan sumber lemak sehat yang baik untuk jantung. Kandungan gula pada kue ini juga menjadi sumber energi yang cepat diserap tubuh.

Referensi

Kue Putri Mandi, penganan tradisional khas Palembang ini memiliki rasa manis dan gurih yang memanjakan lidah. Kue ini terdiri dari lapisan atas yang terbuat dari tepung terigu, kentang, dan santan, serta lapisan bawah yang berisi potongan daging ikan patin atau tenggiri.

Uniknya, proses memasak kue ini melibatkan perebusan dalam air mendidih, sehingga menghasilkan tekstur yang lembut dan berair.

Berikut ini bahan dan cara membuat Kue Putri Mandi:

Bahan Lapisan Atas Bahan Lapisan Bawah
Tepung terigu Daging ikan patin/tenggiri
Kentang Bumbu halus (bawang merah, bawang putih, kunyit, ketumbar)
Santan Santan
Garam, merica Garam

Untuk membuat lapisan atas, campurkan semua bahan dan aduk hingga rata. Kukus selama 30 menit hingga matang. Untuk lapisan bawah, campurkan bumbu halus dengan daging ikan dan santan. Aduk hingga bumbu meresap.

Kukus selama 15 menit hingga matang. Sajikan Kue Putri Mandi dengan taburan bawang goreng yang gurih.

Maka dari itu, Putri Mandi dapat menjadi santapan yang pas untuk momen spesial bersama keluarga atau teman.

Dengan cita rasa manis dan gurihnya, sajian ini akan memberikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan. Cobalah resepnya dan bagikan pengalaman Anda menikmati Manis dan Gurihnya Putri Mandi khas Tintin Rayner

Share: