Pada artikel kali ini, kami akan membagikanResep Kue Geplak Gula Merah Tradisional yang Menggoda. Kue ini merupakan salah satu jajanan khas Indonesia yang populer dan disukai banyak orang. Proses pembuatannya cukup mudah, namun membutuhkan sedikit kesabaran dan ketelitian.

Kue geplak gula merah memiliki tekstur yang lembut dan rasa manis yang pas, sehingga cocok untuk dinikmati sebagai camilan atau oleh-oleh. Yuk, langsung saja kita simak resepnya berikut ini. Selamat membaca!

Bahan-bahan Kue Geplak Gula Merah

  • 750 gram kelapa parut sangrai
  • 500 gram gula merah sisir
  • 1/4 sendok teh kapur sirih
  • 1/2 sendok teh garam halus

Cara membuat:

  1. Campur kelapa parut, gula merah, kapur sirih, dan garam dalam wadah.
  2. Aduk rata hingga semua bahan tercampur rata.
  3. Bentuk adonan sesuai selera, biasanya berbentuk bulat pipih atau lonjong.
  4. Jemur di bawah sinar matahari hingga kering.
  5. Geplak siap disajikan.

Alat yang Diperlukan

Untuk membuat Kue Geplak yang nikmat, diperlukan beberapa alat penting:

  1. Baskom: Untuk mencampur adonan.
  2. Sendok kayu: Untuk mengaduk adonan hingga kalis.
  3. Cetakan: Untuk membentuk kue menjadi ukuran dan bentuk yang diinginkan.

Cara Membuat Kue Geplak Gula Merah

Rindu kelezatan kue tradisional yang manis dan legit? Ayo, buat sendiri Kue Geplak Gula Merah yang spesial dengan bahan-bahan sederhana. Bahan: Gula merah, kelapa parut, dan air.

Langkah-Langkah:

  1. Masak gula merah dan air hingga menjadi karamel kental.
  2. Tuangkan kelapa parut ke dalam karamel, aduk hingga rata.
  3. Kukus selama 30 menit atau hingga adonan mengeras.
  4. Bentuk adonan menjadi bulat-bulat kecil.
  5. Geprek kue geplak hingga pipih.
  6. Kue Geplak Gula Merah siap dihidangkan.

Tips Membuat Kue Geplak Gula Merah yang Empuk dan Legit

Untuk membuat kue geplak gula merah yang lezat, gunakan gula merah kualitas baik dan perhatikan proses pembuatannya. Pertama, masak gula merah dengan air hingga mengental dan berwarna agak gelap. Kemudian, masukkan tepung beras ketan dan aduk hingga adonan kalis dan bisa dibentuk.

Terakhir, cetak adonan sesuai selera dan keringkan di bawah sinar matahari hingga benar-benar keras. Voila, kue geplak gula merah yang empuk dan legit siap dinikmati!

Variasi Kue Geplak Gula Merah

Kue Geplak merupakan kue tradisional yang banyak ditemui di daerah Jawa Tengah. Kue ini terbuat dari tepung ketan, gula merah, dan kelapa parut.

Variasi kue geplak yang populer adalah kue geplak gula merah. Untuk membuatnya, siapkan bahan-bahan seperti tepung ketan, gula merah, kelapa parut, dan air. Campurkan tepung ketan dan air hingga menjadi adonan yang kalis.

Kemudian, masukkan gula merah dan kelapa parut ke dalam adonan. Aduk hingga tercampur rata. Bagi adonan menjadi beberapa bagian kecil dan bentuk sesuai selera. Kukus adonan selama kurang lebih 30 menit hingga matang. Setelah matang, angkat dan biarkan dingin.

Penyimpanan Kue Geplak Gula Merah

Penyimpanan Kue Geplak Gula Merah yang tepat sangat penting untuk menjaga kualitas dan rasanya tetap terjaga. Simpanlah kue geplak dalam wadah kedap udara pada suhu kamar normal.

Hindari menyimpan kue geplak di lemari es karena akan membuatnya mengeras dan mengurangi cita rasanya. Kue geplak dapat bertahan hingga 2 minggu pada suhu kamar.

Jika ingin disimpan lebih lama, masukkan ke dalam freezer dan dapat bertahan hingga 1 bulan. Saat ingin disajikan, biarkan kue geplak mencair pada suhu ruang selama beberapa jam.

Manfaat Kue Geplak Gula Merah

Kue geplak gula merah, camilan manis yang kaya manfaat kesehatan, hadir membawa keunikan dan kreativitas dalam dunia kuliner. Pertama, kandungan gulanya yang rendah menjadikannya pilihan tepat untuk kamu yang ingin menikmati makanan manis tanpa khawatir akan kadar gula darah yang tinggi.

Kedua, antioksidan dalam gula merah membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Terakhir, harga yang terjangkau membuat kue geplak gula merah dapat dinikmati oleh semua lapisan masyarakat.

Sejarah Kue Geplak Gula Merah

Kue Geplak Gula Merah merupakan camilan tradisional khas Blitar, Jawa Timur. Kue ini berbahan dasar gula merah dan kelapa parut yang dicetak dalam bentuk bulat. Sejarah Geplak berawal dari tradisi turun-temurun yang sudah ada sejak abad ke-19. Kue ini awalnya hanya dibuat untuk hidangan khusus saat lebaran. Namun, seiring waktu, Geplak menjadi oleh-oleh khas yang populer hingga mancanegara.

  • Pertanyaan: Dari daerah mana kue Geplak berasal?
  • Jawaban: Blitar, Jawa Timur
  • Pertanyaan: Apa bahan dasar pembuatan kue Geplak?
  • Jawaban: Gula merah dan kelapa parut

Kue Geplak Gula Merah dalam Budaya Indonesia

Kue geplak gula merah, camilan tradisional khas Indonesia yang menggugah selera, telah menjadi bagian dari budaya kuliner kita selama berabad-abad. Kue ini terbuat dari kelapa parut yang dikukus, gula merah, dan sedikit garam, menghasilkan teksturnya yang lembut dan kenyal.

Geplak gula merah biasanya berbentuk kubus atau persegi panjang kecil, dan dibalut dengan gula pasir halus untuk menambah rasa manis. Cita rasanya yang manis dan gurih membuatnya menjadi camilan favorit untuk menemani obrolan santai bersama keluarga dan teman.

Tahukah kamu, geplak gula merah juga sering disajikan sebagai hidangan penutup setelah makan atau sebagai oleh-oleh dari daerah asalnya? Rasanya yang unik dan teksturnya yang lembut menjadikan kue ini camilan yang sempurna untuk dinikmati dalam berbagai kesempatan.

Kreasi Inovatif Kue Geplak Gula Merah

Jika kamu mencari camilan tradisional yang manis dan lezat, Kue Geplak Gula Merah adalah pilihan sempurna. Kue ini terbuat dari gula merah berkualitas tinggi, kelapa parut, dan rempah-rempah yang menciptakan rasa yang unik dan menggugah selera.

Dengan teksturnya yang renyah di luar dan lembut di dalam, setiap gigitan akan membuatmu ketagihan. Kue Geplak Gula Merah sangat cocok disajikan sebagai teman minum teh atau kopi, atau dinikmati sebagai camilan sore.

Terima kasih sudah membaca resep kue geplak gula merah tradisional ini. Semoga kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dan menikmati kelezatannya bersama keluarga. Jangan lupa untuk share resep ini dengan teman-temanmu yang juga doyan ngemil. Selamat mencoba!

Share: