Halo Sahabat Medan, apa kabar? Berjumpa lagi dengan kami dalam artikel kali ini yang akan membahas tentang oleh-oleh khas Medan selain Bolu Meranti. Kota Medan yang terkenal dengan kulinernya yang lezat, juga memiliki beragam oleh-oleh yang tak kalah menggoda.

Mulai dari makanan ringan hingga kerajinan tangan, semuanya bisa Anda temukan di Medan.

Namun, tahukah Anda jika ada oleh-oleh khas Medan yang tak kalah menarik dari Bolu Meranti? Yuk, simak terus artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang oleh-oleh khas Medan yang siap memanjakan lidah dan mata Anda.

Teri Medan

Teri Medan, ikan mungil yang menjadi kuliner ikonik dari kota Medan. Dikenal dengan cita rasanya yang gurih dan sedikit asin, Teri Medan kerap menjadi incaran wisatawan yang berkunjung ke ibu kota Provinsi Sumatera Utara.

Diolah dengan teknik pengasinan tradisional, Teri Medan memiliki tekstur yang renyah dan tahan lama.

Biasanya disajikan sebagai lauk pelengkap nasi, Teri Medan juga menjadi camilan yang nikmat. Selain kaya akan protein dan kalsium, Teri Medan juga merupakan sumber omega-3 yang baik untuk kesehatan.

Pancake Durian

Pancake Durian, oleh-oleh khas Medan yang menggugah selera dengan cita rasanya yang unik dan memadukan manisnya daging durian dengan lembutnya adonan pancake. Kue ini dibuat dari adonan tepung terigu, telur, dan gula, yang kemudian dipadukan dengan buah durian yang telah dihaluskan.

Adonannya yang lembut dan berpadu sempurna dengan isian durian yang legit dan aromatik. Pancake Durian dapat disantap langsung atau dipadukan dengan berbagai topping seperti krim kocok, keju parut, atau es krim.

Selain sebagai oleh-oleh, Pancake Durian juga menjadi camilan favorit masyarakat Medan dan wisatawan yang berkunjung ke kota ini.

Kopi Sidikalang

Kopi Sidikalang, oleh-oleh khas Medan yang wajib dibawa pulang. Diolah secara tradisional dengan biji kopi pilihan, aroma khasnya akan langsung tercium saat kemasan dibuka. Cita rasanya yang kuat dan bold membuat kopi ini diminati banyak penikmat kopi.

Tertarik mencobanya? Anda bisa mendapatkan Kopi Sidikalang di toko oleh-oleh atau pasar tradisional di Medan.

Bika Ambon

Nikmati kelezatan Bika Ambon, oleh-oleh khas Medan yang legendaris. Kue dengan tekstur lembut dan berserat ini terbuat dari bahan-bahan berkualitas seperti tepung tapioka, gula, telur, dan nira kelapa.

Proses pembuatan yang rumit dan membutuhkan waktu menghasilkan kue yang unik dengan rasa manis dan sedikit asam. Kemasan cantik dan praktis menjadikannya oleh-oleh yang sempurna untuk dibawa pulang dari Medan.

Bagi pecinta kuliner, Bika Ambon wajib masuk dalam daftar makanan wajib coba saat berkunjung ke ibu kota Provinsi Sumatera Utara ini.

Kue Lapis Legit

Kue Lapis Legit, Oleh-oleh Khas Medan

Kue Lapis Legit merupakan salah satu oleh-oleh khas Medan yang melegenda. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan legit, dengan aroma rempah yang khas.

Terbuat dari tepung terigu, gula, telur, dan beragam rempah-rempah seperti kayu manis, pala, dan cengkeh.

Proses pembuatannya sangat rumit dan memakan waktu, sehingga membutuhkan kesabaran dan ketelitian. Adonan dibuat dengan cara dikocok menggunakan tangan hingga mengembang dan tercampur rata.

Setelah itu, adonan dibagi menjadi beberapa lapisan yang tipis dan dipanaskan secara bergantian pada oven. Setiap lapisan diolesi dengan mentega dan ditaburi kayu manis, sehingga menghasilkan tekstur yang berlapis-lapis dan cita rasa yang kaya.

Kue Putri Salat

Kue Putri Salat, salah satu oleh-oleh khas Medan yang sayang jika kamu lewatkan. Kue ini memiliki tekstur lembut dengan rasa manis yang pas.

Bahan utama pembuatan kue ini terdiri dari tepung terigu, gula, telur, dan butter. Untuk membuat Kue Putri Salat, pertama-tama kamu harus mencampur semua bahan tersebut hingga tercampur rata.

Kemudian, tuangkan adonan ke dalam loyang dan panggang hingga kecoklatan. Kue Putri Salat sangat cocok disajikan sebagai teman minum teh atau sebagai camilan.

Manisan Jambu

Manisan jambu, camilan manis yang menjadi oleh-oleh khas Kota Medan, sangat digemari oleh wisatawan.

Berbahan dasar buah jambu biji yang dipotong tipis dan direndam dalam sirup gula, manisan ini memiliki tekstur renyah dengan rasa manis yang menyegarkan.

Umumnya, manisan jambu dikemas dalam toples atau wadah plastik, sehingga mudah dibawa sebagai buah tangan.

Selain rasanya yang lezat, manisan jambu juga dipercaya memiliki manfaat kesehatan, seperti kaya akan vitamin C dan serat yang baik untuk pencernaan.

Demikianlah rekomendasi oleh-oleh khas Medan selain Bolu Meranti. Semoga artikel ini membantu Anda menemukan oleh-oleh yang cocok untuk dibawa pulang sebagai buah tangan dari Kota Medan.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda yang mungkin juga membutuhkan informasi ini. Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Share: