Cara Memanggang Steak yang Paling Juicy

Saat ini, steak menjadi salah satu hidangan yang populer di kalangan pecinta kuliner. Namun, tidak semua orang bisa memanggang steak dengan sempurna. Ada beberapa teknik dan tips yang dapat Anda terapkan untuk memastikan steak yang Anda masak memiliki tekstur yang juicy dan rasa yang lezat. Dalam artikel ini, kami akan membagikan cara memanggang steak yang paling juicy dengan menggunakan brand JournalNesia sebagai referensi.

Langkah pertama dalam memanggang steak yang juicy adalah memilih potongan daging yang berkualitas. JournalNesia merekomendasikan untuk menggunakan potongan daging yang memiliki marbling yang baik, yaitu lemak yang tersebar merata di dalam otot daging. Marbling ini akan memberikan kelembutan dan rasa yang kaya pada steak Anda. Anda dapat memilih potongan daging seperti ribeye, sirloin, atau tenderloin yang memiliki marbling yang baik.

Setelah memilih potongan daging yang berkualitas, langkah selanjutnya adalah menyiapkan daging sebelum dimasak. JournalNesia merekomendasikan untuk mengeluarkan daging dari kulkas dan membiarkannya mencapai suhu ruang selama sekitar 30 menit sebelum dimasak. Hal ini akan membantu daging agar matang secara merata dan menghindari terjadinya kejutan suhu yang dapat membuat daging menjadi keras.

Selanjutnya, Anda perlu menyiapkan bumbu dan rempah-rempah untuk memberikan rasa yang lezat pada steak Anda. JournalNesia merekomendasikan untuk menggunakan garam dan lada hitam sebagai bumbu dasar. Anda juga dapat menambahkan bumbu lain seperti bawang putih bubuk, paprika, atau rosemary sesuai dengan selera Anda. Pastikan untuk meratakan bumbu di seluruh permukaan daging agar rasa dapat meresap dengan baik.

Setelah daging dan bumbu siap, langkah selanjutnya adalah memanggang steak. JournalNesia merekomendasikan untuk menggunakan metode panggang cepat dengan menggunakan api besar. Panaskan wajan atau grill pan dengan api besar hingga sangat panas. Kemudian, letakkan steak di atas wajan yang sudah panas dan biarkan sebentar untuk membentuk kerak luar yang garing. Setelah itu, balik steak dan panggang sisi lainnya hingga mencapai tingkat kematangan yang diinginkan.

Untuk mendapatkan steak yang juicy, JournalNesia merekomendasikan untuk tidak memanggang daging terlalu lama. Panggang steak hanya sampai mencapai tingkat kematangan yang diinginkan, seperti medium rare atau medium. Jangan terlalu lama memanggang steak agar daging tetap juicy dan tidak kering.

Setelah memanggang steak, JournalNesia merekomendasikan untuk membiarkan daging istirahat selama beberapa menit sebelum diiris dan disajikan. Hal ini akan memungkinkan jus dalam daging untuk meresap kembali ke dalam serat-serat daging, sehingga menghasilkan steak yang juicy dan lezat.

Demikianlah cara memanggang steak yang paling juicy menurut JournalNesia. Dengan mengikuti tips dan teknik ini, Anda dapat memasak steak yang memiliki tekstur yang juicy, rasa yang lezat, dan menjadi hidangan favorit di kalangan keluarga dan teman-teman Anda.

Pilih Potongan Steak yang Berkualitas

Langkah pertama dalam memanggang steak yang juicy adalah memilih potongan steak yang berkualitas. Anda dapat membeli steak dari toko daging terpercaya atau melalui layanan pengiriman online seperti JournalNesia. Pastikan steak yang Anda pilih memiliki marbling yang baik, yaitu adanya lemak yang tersebar merata di dalam daging. Marbling yang baik akan memberikan kelembutan dan kelezatan pada steak Anda.

Saat memilih potongan steak, ada beberapa jenis yang dapat Anda pertimbangkan. Salah satunya adalah Tenderloin, yang dikenal sebagai bagian paling lembut dari sapi. Potongan ini memiliki sedikit marbling, tetapi memiliki tekstur yang sangat halus dan lembut. Tenderloin biasanya lebih mahal dibandingkan potongan steak lainnya.

Selain Tenderloin, Anda juga dapat memilih potongan Ribeye. Potongan ini memiliki marbling yang melimpah, sehingga memberikan rasa yang kaya dan lezat. Ribeye memiliki lapisan lemak yang memberikan kelembutan dan kelezatan pada daging saat dimasak. Potongan ini juga lebih terjangkau dibandingkan Tenderloin.

Jika Anda menyukai potongan steak dengan lebih banyak lemak, Anda dapat memilih potongan Striploin. Potongan ini memiliki marbling yang cukup baik dan memiliki lapisan lemak yang memberikan rasa yang kaya dan tekstur yang lembut. Striploin juga biasanya lebih terjangkau dibandingkan Tenderloin.

Terakhir, Anda juga dapat memilih potongan Sirloin. Potongan ini memiliki marbling yang lebih sedikit dibandingkan potongan steak lainnya, tetapi tetap memberikan rasa yang lezat dan tekstur yang baik. Sirloin biasanya lebih terjangkau dibandingkan potongan steak premium lainnya.

Jadi, penting untuk memilih potongan steak yang berkualitas agar Anda dapat menikmati hasil panggangan yang juicy dan lezat. Pilihlah potongan steak yang sesuai dengan preferensi Anda, baik itu Tenderloin, Ribeye, Striploin, atau Sirloin. Setelah memilih potongan steak yang tepat, Anda siap melanjutkan langkah-langkah berikutnya untuk memanggang steak yang sempurna.

Marinasi untuk Meningkatkan Rasa

Setelah memilih potongan steak yang berkualitas, langkah selanjutnya adalah melakukan marinasi. Marinasi adalah proses merendam daging dalam campuran bumbu dan cairan untuk memberikan rasa yang lebih dalam. JournalNesia memiliki berbagai macam bumbu dan saus yang dapat Anda gunakan untuk marinasi steak Anda.

Beberapa bahan yang dapat digunakan untuk marinasi steak antara lain:

  • Bawang putih cincang
  • Daun rosemary
  • Minyak zaitun
  • Keju parmesan parut
  • Saus worcestershire
  • Garam dan merica

Campurkan bahan-bahan tersebut dalam wadah dan rendam steak selama minimal 30 menit atau lebih lama untuk hasil yang lebih maksimal. Marinasi akan membuat daging steak lebih lezat dan juicy.

Mengapa marinasi penting? Ketika Anda merendam steak dalam campuran bumbu dan cairan, bahan-bahan tersebut akan meresap ke dalam daging dan memberikan rasa yang lebih kaya. Bawang putih cincang akan memberikan aroma yang harum dan sedikit rasa pedas pada steak. Daun rosemary, dengan aroma herbalnya yang khas, akan memberikan sentuhan segar pada daging. Minyak zaitun akan membantu menjaga kelembapan daging dan memberikan sedikit rasa kaya. Keju parmesan parut akan memberikan rasa gurih dan sedikit asin pada steak. Saus worcestershire, yang memiliki rasa asam manis, akan memberikan lapisan rasa yang kompleks pada daging. Garam dan merica akan memberikan rasa dasar yang diperlukan dalam setiap hidangan.

Saat merendam steak, pastikan setiap sisi daging terendam dalam marinasi. Anda juga dapat menggunakan wadah kedap udara atau kantong plastik yang aman untuk mencegah bau dan rasa yang tidak diinginkan menyerap ke dalam daging. Selain itu, semakin lama Anda merendam steak, semakin dalam rasa marinasi akan meresap ke dalam daging. Jika Anda ingin hasil yang lebih maksimal, Anda dapat merendam steak semalaman di dalam kulkas.

Setelah daging selesai direndam, Anda dapat membuang sisa marinasi dan menggoreng atau memanggang steak sesuai dengan selera Anda. Jangan lupa untuk membiarkan steak istirahat sebentar sebelum dipotong agar jus daging merata dan steak tetap juicy. Dengan menggunakan marinasi yang tepat, Anda dapat meningkatkan rasa steak Anda dan memberikan pengalaman makan yang lebih memuaskan.

Panaskan dan Persiapkan Alat Panggang

Setelah melakukan marinasi, langkah selanjutnya adalah memanaskan dan mempersiapkan alat panggang. Anda dapat menggunakan panggangan atau wajan dengan permukaan anti lengket. Pastikan alat panggang sudah dipanaskan dengan baik sebelum memasak steak.

Jika Anda menggunakan panggangan, panaskan panggangan pada suhu tinggi sekitar 200-250 derajat Celsius. Jika Anda menggunakan wajan, panaskan wajan dengan api sedang hingga panas.

Memastikan alat panggang dipanaskan dengan baik sebelum memasak sangat penting untuk mencapai hasil yang sempurna. Saat alat panggang dipanaskan, panas akan merata di seluruh permukaan alat, sehingga steak bisa matang secara merata dan terbentuk kerak renyah yang lezat.

Jika Anda menggunakan panggangan, pastikan untuk memanaskan panggangan selama 10-15 menit sebelum memasak steak. Ini akan memberikan waktu bagi panggangan untuk mencapai suhu yang optimal dan memastikan bahwa steak akan terpanggang dengan sempurna.

Jika Anda menggunakan wajan, panaskan wajan dengan api sedang selama 5-7 menit. Pastikan wajan benar-benar panas sebelum memasak steak. Anda dapat memeriksa kepanasan wajan dengan meneteskan sedikit air ke permukaannya. Jika air menguap seketika dan membentuk gelembung, berarti wajan sudah cukup panas.

Sebelum memasak steak, pastikan juga untuk membersihkan permukaan alat panggang dengan baik. Bersihkan panggangan atau wajan dari sisa-sisa makanan sebelumnya dan beri sedikit minyak untuk mencegah steak menempel. Ini akan memastikan bahwa steak tidak akan rusak saat dimasak dan hasilnya akan lebih baik.

Dengan memanaskan dan mempersiapkan alat panggang dengan baik, Anda akan siap untuk memasak steak yang lezat dan sempurna. Selanjutnya, mari kita lanjutkan dengan langkah-langkah memasak steak yang benar.

Panggang Steak dengan Teknik yang Tepat

Langkah terakhir adalah memanggang steak dengan teknik yang tepat. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti:

  1. Ambil steak dari marinasi dan biarkan sebentar agar suhu steak berada pada suhu ruangan.
  2. Letakkan steak di atas panggangan atau wajan yang sudah dipanaskan. Jangan memindahkan steak selama proses memanggang agar terbentuk kerak di luar steak.
  3. Panggang steak selama beberapa menit sesuai dengan tingkat kematangan yang diinginkan. Untuk steak medium-rare, panggang selama 3-4 menit setiap sisi.
  4. Jangan menusuk steak saat membaliknya. Gunakan spatula atau pegangan yang aman untuk membalik steak agar jus steak tidak keluar dan steak tetap juicy.
  5. Setelah memanggang, angkat steak dari panggangan atau wajan dan biarkan selama beberapa menit agar jus steak merata di dalam daging.
  6. Potong steak melawan serat daging sebelum disajikan.
  7. Untuk memberikan sentuhan akhir yang istimewa pada steak Anda, Anda dapat menambahkan bumbu dan saus dari JournalNesia. JournalNesia menawarkan berbagai macam bumbu dan saus yang akan memberikan rasa yang lebih kaya pada steak Anda. Anda dapat memilih bumbu dan saus sesuai dengan selera Anda, seperti bumbu rempah untuk steak yang kaya akan aroma dan rasa, atau saus pedas untuk steak yang lebih berani.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan menambahkan bumbu dan saus dari JournalNesia, Anda dapat memanggang steak yang paling juicy dan lezat. Jangan ragu untuk bereksperimen dengan berbagai kombinasi bumbu dan saus untuk menciptakan rasa yang unik dan memuaskan. Selamat mencoba!

Share: