10 Jajanan Tradisional Populer & Asal Daerahnya

Indonesia kaya akan kuliner tradisional yang memanjakan lidah. Di antara sekian banyak hidangan, jajanan tradisional menempati posisi istimewa di hati masyarakat.

Beragam jajanan dengan cita rasa khas dan harga yang terjangkau ini menjadi teman setia untuk menemani aktivitas sehari-hari, baik saat bersantai, kongkow bersama teman, maupun untuk mengganjal perut saat lapar. Dari kue manis hingga camilan gurih, berikut adalah 10 jajanan tradisional populer Indonesia yang wajib kamu coba.

Kue Cubit

Kue Cubit, penganan khas Nusantara yang menggoda lidah. Kue berbentuk kubus mungil ini bertekstur lembut dengan cita rasa manis yang pas. Dibuat dari adonan tepung terigu, telur, dan gula, kue ini dibentuk menggunakan cetakan khusus hingga menyerupai kubus. Santapan nikmat ini cocok disajikan dengan berbagai topping, seperti keju, meses, atau taburan gula halus.

Serabi

Serabi, kudapan tradisional Indonesia yang menggugah selera, berasal dari Jawa Tengah. Kue yang terbuat dari tepung beras dan santan ini memiliki tekstur kenyal dan lembut dengan aroma yang khas. Serabi disajikan dengan siraman kuah gula merah atau kinca yang manis. Selain itu, serabi juga dapat dinikmati dengan topping seperti keju, cokelat, atau buah-buahan.

Serabi sangat cocok dihidangkan sebagai teman minum teh atau kopi pada sore hari.

Varian Serabi Daerah Asal
Serabi Solo Solo
Serabi Kediri Kediri
Serabi Pontianak Pontianak
Serabi Banten Banten
Serabi Jakarta Jakarta

Kue Lumpur

Nikmati Kue Lumpur, surga kuliner Nusantara yang menggoyang lidah. Lembut dan mencair di mulut, kue ini sempurna sebagai oleh-oleh atau teman ngopi. Berbahan dasar tepung terigu, gula, dan telur, Kue Lumpur dimasak dalam cetakan khusus dan diasapi dengan daun pandan, memberikan aroma khas yang menarik.

Kue Pancong

Kue pancong, sajian manis yang wajib kamu coba saat menjelajah Indonesia. Terbuat dari campuran tepung beras, kelapa parut, dan gula aren, kue ini memiliki tekstur kenyal dan rasa gurih manis.

Cara penyajiannya unik, yaitu dimasak di atas tungku dengan cetakan berbentuk setengah bola.

Nikmati kue pancong hangat yang disiram sirup gula merah atau selai favoritmu, sambil ditemani secangkir teh atau kopi. Rasakan sensasi kuliner Nusantara yang otentik dan menggoda selera!

Getuk

Bagi kamu pecinta makanan tradisional, getuk wajib masuk daftar kuliner yang harus dicoba! Terbuat dari singkong yang diolah dengan cara ditumbuk hingga lembut dan kenyal, getuk memiliki tekstur yang khas dan rasa yang manis.

Salah satu variasi getuk yang populer adalah getuk lindri, yang dibentuk memanjang dan dibaluri parutan kelapa.

Untuk menikmatinya, kamu bisa langsung menyantapnya atau mengolahnya menjadi berbagai sajian, seperti kolak atau es getuk. Dijamin, kelezatannya akan membuatmu ketagihan dan rindu untuk mencobanya kembali!

Putu Mayang

Putu mayang merupakan jajanan tradisional Indonesia khas Bali yang terbuat dari tepung beras dan gula merah. Memiliki tekstur yang kenyal dan lembut, putu mayang biasanya disajikan dengan siraman kinca yang manis dan legit. Tak hanya nikmat disantap langsung, putu mayang juga dapat diolah menjadi berbagai hidangan penutup yang lezat, seperti es puter atau puding.

Kue Lapis

Halo, pecinta kuliner Nusantara! Pernahkah kamu mencicipi Kue Lapis yang legit dan menggugah selera? Kue ini terdiri dari berlapis-lapis warna yang cerah dan tekstur yang lembut. Dari mana asal kue ini, dan apa saja bahan utamanya?

Kue Ku

Kue ku, jajanan tradisional yang memanjakan lidah dengan kelembutan kulitnya dan isian kacang hijau yang manis legit.

Terbuat dari tepung ketan yang diberi pewarna alami, kue ini memiliki tekstur kenyal dan lembut. Isiannya dari kacang hijau yang dikukus dan dihaluskan, lalu diberi gula dan garam secukupnya.

Kue ku biasa disajikan sebagai oleh-oleh khas daerah atau kudapan saat acara spesial. Untuk membuat kue ku, cukup siapkan bahan-bahan seperti tepung ketan, gula merah, kacang hijau, garam, dan pewarna alami. Campurkan tepung ketan dengan gula merah dan aduk hingga rata. Masukkan kacang hijau yang sudah dihaluskan dan aduk kembali.

Bentuk adonan menjadi bulat-bulat, lalu beri warna sesuai selera. Kukus kue ku selama sekitar 15 menit atau hingga matang. Kue ku siap dinikmati sebagai camilan yang manis dan mengenyangkan.

Klepon

Kue tradisional Indonesia yang satu ini memiliki cita rasa yang unik. Klepon, bola-bola kecil berbahan dasar tepung ketan yang diisi dengan gula merah, menawarkan sensasi manis dan gurih yang seimbang. Bagian luarnya yang kenyal dipadukan dengan isian gula merah yang lumer di mulut, menciptakan harmoni rasa yang tak terlupakan.

Klepon biasanya disajikan dengan kelapa parut yang menambah tekstur renyah dan aroma khas. Makanan ringan ini sangat populer di Indonesia dan sering ditemukan di pasar tradisional serta toko makanan ringan.

Demikianlah sepuluh jajanan tradisional populer yang menjadi bagian penting dari kuliner Indonesia. Keberadaan jajanan ini tidak hanya sekadar santapan semata, tetapi juga menjadi pengingat akan warisan budaya yang kaya.

Harapannya, jajanan-jajanan ini dapat terus lestari dan dinikmati oleh generasi mendatang, sehingga kekayaan kuliner Indonesia tetap terjaga.

Share: